Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selamat Datang di My Blog Azriel-Reyhan Balikpapan....!

Jumat, Mei 23, 2008

Cara Mudah Melindungi Wifi disusupi orang tak dikenal

Jaringan wireless (nirkabel) adalah yang paling rentan keamanannya dan paling mudah disusupi dibandingkan jaringan wired (kabel). Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui apabila seseorang entah itu tetangga atau bukan menggunakan jaringan yang kita miliki tanpa ijin? (Biasanya untuk melakukan akses internet secara gratis). Rasanya sulit untuk menuduh tetangga Anda memiliki keahlian Wi-Fi hacker sebagai pelakunya tanpa bukti. Namun jika mereka mencuri koneksi internet kita, Anda dapat mendeteksi hal ini melalui log di router yang akan memperlihatkan semua klien yang terhubung ke jaringan nirkabel, log koneksi atau status, dan juga alamat MAC yang sedang atau pernah terhubung. Cek alamat MAC Untuk mencari tahu siapa saja yang menggunakan jaringan wireless, Anda dapat mencatat setiap peralatan yang Anda ijinkan untuk menggunakan jaringan nirkabel anda. Catatlah alamat MAC dan IP (jika static) mereka. Untuk mengetahui alamat MAC di PC:

1. Buka "Start Menu" dan pilih "Run"
2. Di jendela "Run", ketik "cmd" dan klik "OK"
3. Pada jendela yang terbuka, ketik "ipconfig /all" dan tekan "Enter"
4. Alamat MAC akan muncul dengan sebutan "Physical address".

Sekali Anda mengetahui MAC ID yang ada di setiap komputer pada jaringan, maka Anda akan mengenali mana alamat si penyusup. Cek alamat IP Demikian juga dengan alamat IP, Anda dapat mengetahui berapa banyak alamat IP yang dibagikan oleh server DHCP. Jika Anda cek alamat IP milik semua komputer yang ada, maka anda akan tahu apabila adanya yang memasuki jaringan anda tanpa ijin jika ada alamat IP selain komputer-komputer Anda. Untuk mengetahui alamat IP di PC:

1. Buka "Start Menu" dan pilih "Run"
2. Di jendela "Run", ketik "cmd" dan klik "OK"
3. Pada jendela yang terbuka, ketik "ipconfig" dan tekan "Enter"
4. Alamat IP akan muncul dengan sebutan "IP address".

Untuk mengetahui alamat IP yang ada, sama seperti cara di atas, nah setelah terbuka halaman cmd, ketikkan ipconfig sehingga muncul alamat IP untuk komputer tersebut. Menindak-lanjuti penyusup Jika Anda telah menemukan seorang penyusup di jaringan Anda, saran saya jangan buru-buru emosi karena belum tentu dia melakukannya dengan sengaja, ada kalanya dia mengira sedang terhubung dengan jaringan nirkabel dari Wi-Fi Router miliknya sendiri. Cara untuk menghindari kejadian tersebut terjadi adalah dengan meningkatkan keamanan pada Router Anda dan juga membantu tetangga Anda untuk melakukan setting pada routernya.


Solusi yang paling optimal adalah dengan memberikan password yang kuat pada WPA dan menggantinya secara berkala. Saat jaringan Anda aktif, maka nama jaringan nirkabel anda dapat dideteksi oleh pemakai lainnya. Cara untuk menanggulangi hal ini adalah dengan mematikan opsi SSID broadcast. Tapi mungkin saja Anda akan mendengar komplain dari tetangga sebelah kalau jaringan Internetnya hilang. ^_^

Tidak ada komentar: